LAPORAN KERJA PRAKTEK
APLIKASI PEMBELIAN pada
PT. ADI CITRA SAKTI
dengan MENGGUNAKAN MICROSOFT
VISUAL BASIC 6.0
Laporan ini
disusun sebagai salah satu syarat pada mata kuliah Kerja Praktek
pada Program Studi
Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Dian
Nuswantoro
Disusun oleh:
NAMA : PRESTI WARDHANI
NIM : A12.2009.03407
PROGRAM
STUDI : SISTEM INFORMASI-S1
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
DIAN NUSWANTORO
SEMARANG
2012
ABSTRAK
Presti
Wardhani (A12.2009.03407)
APLIKASI PEMBELIAN pada
PT. ADI CITRA SAKTI
dengan MENGGUNAKAN MICROSOFT
VISUAL BASIC 6.0
(x + 40 halaman:
41 gambar; 1 lampiran)
Perkembangan
teknologi pada era globalisasi saat ini membuat hampir setiap instansi atau perusahaan
yang melakukan transaksi pembelian menerapkan aplikasi pembelian guna mendukung
proses pengelolaan administrasi perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah
dan mempercepat pekerjaan di dalam perusahaan. Dalam operasionalnya, sebuah
perusahaan tidak hanya membutuhkan sumber daya manusia, tapi juga aplikasi yang
bisa mendukung pekerjaan user. Karena
pada dasarnya manusia dan teknologi sudah memiliki ketergantungan sendiri. Penelitian
ini dilakukan di PT. Adi Citra Sakti. Oleh karena pekerjaan yang ada pada
bagian administrasi dan keuangan masih manual, maka penulis mengangkat judul
Aplikasi Pembelian pada PT. Adi Citra Sakti dengan Menggunakan Microsoft Visual
Basic 6.0, untuk memberikan kemudahan bagi user
dalam pengelolaan data pembelian, mulai dari input data sampai dengan
pembuatan laporan pembelian. Penulis memilih visual basic 6.0 karena visual
basic 6.0 menyediakan tools yang dibutuhkan dalam membuat
suatu aplikasi, sehingga tidak perlu membuat interface suatu aplikasi. Selain itu visual basic 6.0 juga dapat
dihubungkan dengan MySQL untuk pengolahan database
dan Crystal Report untuk pembuatan
laporan. Dalam penggunaan aplikasi pembelian ini user dapat lebih mudah dalam melakukan input data, karena tidak
perlu menginputkan data yang sama ketika ada transaksi lagi, karena sudah
disimpan dalam database.
Referensi: 12 (2000-2009)
Kata kunci : aplikasi pembelian, Adi
Citra Sakti, Microsoft Visual Basic 6.0, MySQL, Crystal Report,
1. Pendahuluan
1. Pendahuluan
Perkembangan
aplikasi berorientasi objek saat ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam
penanganan pekerjaan yang masih manual dalam sebuah instansi/perusahaan. Hampir
semua instansi/perusahaan sudah menggunakan berbagai macam aplikasi untuk menunjang
pekerjaan mereka. Demikian pula dengan PT. Adi Citra Sakti, sebagai suatu
penyedia solusi teknologi informasi yang ingin selalu memberikan pelayanan yang
terbaik bagi pelanggan dan mitra bisnisnya. Meskipun sudah tidak diragukan lagi
dalam menyediakan solusi di bidang teknologi dan informasi, namun sampai saat
ini pekerjaan pada bagian administrasi dan keuangan masih dilakukan secara
manual. Pekerjaan manual yang masih ada adalah sebagai berikut:
1.
input
data yang sama secara berulang kali, baik pada PCR (Project Condition Report), SO (Sales
Order), PO (Purchase Order), dan
BKK (Bukti Kas Keluar);
2.
penghitungan
dan penulisan jumlah/total pembelian;
3.
pembuatan
laporan yang masih dilakukan pada buku jurnal.
Apabila
ingin menginputkan data yang sama masih harus mulai dari awal. Dalam pembuatan
laporan pun juga harus menulis dari awal, sedangkan laporan pembelian terkadang
diminta secara mendadak, bahkan ketika ada pekerjaan lain yang harus
diselesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan.
Melihat
permasalahan dalam pengelolaan data pembelian tersebut, maka perlu dikembangkan
dan dirancang suatu aplikasi pembelian
yang user friendly dan dapat
mempermudah serta mempercepat proses administrasi pembelian mulai dari
pendataan sampai pembuatan laporan pembelian.
Berdasarkan
latar belakang dan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini
adalah untuk merancang Aplikasi Pembelian pada PT. Adi Citra Sakti dengan
Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.
2. Pembahasan
FOD Sistem Penerimaan Barang
2. Pembahasan
2.1 Sistem yang Berjalan Saat Ini
Adapun sistem pembelian yang sudah berjalan saat ini di PT. Adi Citra Sakti:
2.1.1 Sistem Purchasing Order
2.1.1.1 Narasi Sistem Purchasing Order
a. Berdasarkan PO/SPK dari customer dan update harga dari bagian purchasing, bagian sales menyiapkan Project Condition Report (PCR) dan Sales Order (SO) masing-masing 2 rangkap. Update harga kemudian disimpan oleh bagian sales.
b. Dokumen PCR, SO 2 rangkap termasuk PO/SPK diserahkan ke admin untuk dimintakan persetujuan ke manager sales dan direktur. Jika tidak disetujui, maka semua dokumen tersebut kembali diperiksa oleh sales. Apabila sudah mendapat persetujuan dari manajer sales dan direktur, PO/SPK digandakan. PCR, SO 2 rangkap beserta PO/SPK asli dan PO/SPK sebanyak 2 copyan diserahkan ke bagian finance.
c. Setelah mendapat persetujuan dari manager finance, maka PCR 1, SO 1, dan PO/SPK 1 diarsip sementara oleh finance. Sedangkan PCR 2, SO 2, dan PO/SPK asli diserahkan ke bagian admin. Sedangkan PO/SPK 2 diserahkan ke bagian sales untuk kemudian diarsip tetap berdasarkan tanggal.
d. Berdasarkan PCR 2, SO 2, dan PO/SPK asli, bagian admin menyiapkan PO sebanyak 2 rangkap. PCR 2, SO 2, dan PO/SPK asli beserta dengan PO 2 rangkap dimintakan persetujuan ke bagian purchasing.
e. Setelah mendapat persetujuan dari purchasing, PO 2 rangkap diserahkan ke bagian finance untuk mendapat persetujuan dari manager. Setelah disetujui, maka PO 1 dikirim ke bagian admin untuk kemudian dikonfirmasikan ke vendor melalui fax/email. Sedangkan PO 2 diarsip sementara berdasarkan nomor.
f. Sedangkan PCR 2, SO 2, dan PO/SPK asli diserahkan ke bagian admin. PO/SPK asli digunakan untuk membuat laporan SPK. Kemudian laporan SPK diarsip sementara berdasarkan tanggal.
g. PO 1 yang sudah dikonfirmasikan ke vendor melalui email bersama dengan PCR 2 dan SO 2 digunakan untuk membuat laporan pembelian. Kemudian laporan pembelian diarsip sementara berdasarkan tanggal.
i. PO 1, PCR 2 dan SO 2 diarsip sementara berdasarkan nomor.
2.1.1.2 FOD Sistem Purchasing Order
FOD Sistem Purchasing Order 1
FOD Sistem Purchasing Order 2
2.1.2 Sistem Pembayaran ke Vendor
2.1.2.1 Narasi Sistem Pembayaran ke Vendor
a. Bagian administrasi menerima invoice dari vendor yang kemudian langsung diserahkan ke bagian finance.
b. Berdasarkan buku pembelian, PO rangkap ke 2 dan invoice dari vendor, bagian finance menyiapkan Bukti Kas Keluar (BKK) sebanyak 2 rangkap.
c. Buku pembelian diarsip sementara berdasarkan tanggal, sedangkan PO rangkap ke 2, invoice dari vendor, BKK 2 rangkap diajukan ke manager untuk dimintakan persetujuan.
d. Setelah disetujui, maka PO rangkap ke 2 dan invoice dari vendor diarsip oleh bagian finance. Sedangkan BKK 2 rangkap beserta uang yang keluar, digunakan untuk pembayaran.
e. Pembayaran secara tunai akan langsung dibayarkan dan menghasilkan nota pembayaran. Jika pembayarannya melalui transfer di bank, maka akan dihasilkan bukti transfer.
f. Nota pembayaran atau bukti transfer kemudian dijadikan acuan untuk memberikan informasi kepada pihak vendor (bisa melalui email/fax) bahwa kita sudah melunasi tagihan. Sementara itu, bagian finance melakukan rekap pembayaran ke dalam buku BKK dan menyimpan sementara buku BKK tersebut berdasarkan tanggal.
g. Kemudian nota pembayaran atau bukti transfer diarsip tetap oleh bagian finance berdasarkan tanggal, disesuaikan dengan BKK.
2.1.2.2 FOD Sistem Pembayaran ke Vendor
FOD Sistem Pembayaran ke Vendor
2.1.3 Sistem Penerimaan Barang
2.1.3.1 Narasi Sistem Penerimaan Barang
a. Bagian gudang menerima barang dari vendor, Delivery Order (DO) beserta dengan invoice, kemudian bagian gudang mengidentifikasi barang tersebut. Bila barang tersebut memerlukan proses lebih lanjut (penginstalan) maka akan dipersiapkan terlebih dahulu. Bila tidak, maka bagian gudang melakukan pengemasan barang tersebut.
b. Invoice dan DO dari vendor beserta barang yang sudah dalam pengemasan tersebut diserahkan ke bagian admin untuk dilakukan rekap data dan selanjutnya invoice dan DO tersebut diarsip sementara oleh bagian admin berdasarkan tanggal. Barang yang sudah dalam pengemasan disimpan sementara.
2.1.3.2 FOD Sistem Penerimaan Barang
3.1
Kebutuhan Sistem
3.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan program aplikasi pembelian ini agar dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
1. Personal Computer Intel(R) Pentium(R) 4; CPU 3.000 GHz
2. Memory 3.000 GHz, 0,99GB of RAM
3.1.2 Kebutuhan Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak yang dibutuhkan agar mampu menjalankan aplikasi pembelian dengan baik adalah sebagai berikut:
1. Instalasi Windows XP Professional 2003 Service Pack 2
2. Instalasi Microsoft Visual Studio 6.0 Professional Edition
3. Instalasi WAMP5 1.6.3
4. Instalasi SQLyog Enterprise 7.12
5. MySQL Connector/ODBC 3.51
6. Crystal Reports
4.1
Implementasi
Sistem
1.
Form Login Admin
Sebelum masuk ke halaman utama, maka login admin terlebih dahulu. Pada form LOGIN ADMIN ini user menginputkan kode admin, kemudian nama admin akan muncul secara otomatis dan isikan password admin lalu tekan tombol OK.
Tampilan Login Admin
2.
Form Halaman
Utama
Jika kode admin dan password sudah diinputkan dan
cocok dengan data yang sudah ada di dalam database, maka ketika tombol OK
ditekan akan muncul halaman utama atau beranda seperti di bawah ini. Ada
beberapa menu utama yang terdiri dari pendataan, transaksi, cetak transaksi,
laporan/display dan selesai.
Halaman Utama
3. Kesimpulan
Berdasarkan
pengamatan secara langsung dan analisa yang telah dilakukan pada PT. Adi Citra
Sakti, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.
ketika
aplikasi pembelian ini diterapkan, maka pekerjaan manual dapat diminimalkan
sehingga membantu menghasilkan dokumen-dokumen penting secara lebih mudah dan
lebih cepat, baik dokumen intern seperti PCR, SO, dan BKK maupun dokumen
ekstern seperti PO,
2. ketidakcocokan
data pada beberapa dokumen karena human
error dapat diminimalkan sehingga pekerjaan pada bagian administrasi dan
keuangan akan menjadi lebih efisien, mulai dari input data sampai dengan
pembuatan laporan.
4. Daftar Pustaka
Alam,
M Agus. Manajemen Database dengan
Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2000.
Amsyah,
Zulkifli. Sistem Informasi Manajemen.
Jakarta: Gramedia, 2005.
Arbie.
Manajemen Database dengan MySQL.
Yogyakarta: Andi, 2004.
Dhanta,
Rizky. Kamus Istilah Komputer Grafis
& Internet. Surabaya: Indah, 2009.
Kadir,
Abdul. Pengenalan Sistem Informasi 1 Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset,
2003.
Kristanto,
Andri. Perancangan Sistem Informasi dan
Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media, 2008.
Mc.
Leod, Raymond dan Schell, George. Sistem
Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Indeks, 2004.
Oetomo,
Budi Sutedjo Dharma. Perencanaan Dan
Pembangunan Sistem Informasi, AndiPublisher, Yogyakarta, 2006.
Ramadhan,
Arief. Microsoft Visual Basic 6.0.
Jakarta: PT. Elex Komputindo, 2004.
Sunyoto,
Andi. Pemrograman Database Menggunakan
Microsoft Visual Basic 6.0 dan SQL Server 2000. Yogyakarta: Andi, 2007.
Susanto,
Azhar. Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung: Lingga Jaya, 2007.
Usman,
Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis
Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar